Payudara Kendur

Saat wanita mencapai usia tertentu, payudaranya akan mengendur. Hal itu wajar disebabkan kelenjar susu mengecil, sehingga ada ruang kosong dalam kulit pembungkus payudara. Kekenduran itu juga bisa diakibatkan perubahan tubuh yang drastis, sehingga lemak dalam payudara berkurang. Sementara situasi itu tidak disertai mengecilnya kulit pembungkus payudara. Seorang  pesawat terbang kelahiran Newport, Texas, Amerika Serikat, Ir. N.O. Brantly menyatakan, seperti pesawat terbang, tubuh manusia juga terkena hukum gravitasi.

Bahagian tubuh itu terutama yang menonjol dan tidak disangga, misalnya oleh otot atau tulang. Tonjolan yang dimaksud adalah payudara. Pendapat tersebut dibenarkan Dr. Melissa S. Luwia, MHA, dari Yayasan KanserIndonesia.  Menonjol dan tidak punya otot, payudara sangat terpengaruh gaya gravitasi. Itu sebabnya, menggantungnya (suspensi) organ ini mesti disangga oleh alat tertentu. Alat itu biasa kita sebut bra, coli, penyangga payudara, atau BH (breast holder). Menurut Brantly, BH merupakan penyebab terbanyak yang membuat payudara tidak cantik. Sayangnya, tidak banyak wanita yang menyedari masalah ini. Mereka tidak tahu, seperti apa BH yang terbaik untuk menaikkan keindahan payudara.

Berikut beberapa faktor penyebab turun dan kendurnya payudara selain hal-hal yang sudah disebut.

1.  Melahirkan dan menyusukan. Ukuran payudara semakin berkembang seiring dengan usia kehamilan. Membesarnya payudara membuat massanya bertambah. Akibatnya, tarikan ke bawah semakin kuat.

2. Terlalu besar dan kerap bergoncang. Lebih kurang sama dengan kes ibu menyusukan. Payudara mempengaruhi tarikan gravitasi. Semakin besar massa, semakin besar juga gaya gravitasinya, apalagi kalau payudara selalu bergerak/goncang, khususnya pada ahli sukan dan atlet.

3. Tidak ada penyangga. Membiasakan diri tanpa BH akan menyebabkan kendur, apalagi bila ukuran payudara tergolong besar.

4.  Kebiasaan buruk. Tidur mengiring boleh membuatkan  payudara kendur. Ini bisa dijelaskan dengan teori gravitasi bumi. Sewaktu tidur mengiring, payudara tidak ada yang menyangga sama sekali, kecuali oleh BH. Berbeza dengan tidur telentang, karena payudara disangga oleh tubuh.

5.  Penyakit. Penyakit seperti TBC (tuberkulosis) atau kanser boleh mengakibatkan payudara menjadi kecil, kendur, atau turun. Ini kerana virus dan sel ganas yang merosak organ tubuh.

6.  Kurang gizi. Walau pengambilan makanan bergizi lebih berguna untuk mengencangkan kulit, faktor ini sangat penting. Penyakit seperti TBC atau kanser boleh muncul akibat kurang gizi. Makanan seperti kubis, tempe, susu soya, dan bawang putih sangat bagus untuk mencegah kanser payudara.

7.  Perlakuan kasar. Setiap inci dari tubuh kita harus diperlakukan secara halus, apalagi payudara. Perlakuan kasar seperti meramas-ramas terlalu kuat, sangat menentukan keindahan payudara. Juga bila kita menggunakan BH yang membuat payudara tertekan, sempit, dan lain-lain.

8.  Kesalahan memakai BH. BH terlalu kecil, terlalu ketat, atau diperbuat dari bahan yang tidak bagus juga akan  menyebabkan payudara tidak sihat. Akibatnya, payudara menjadi kendur dan turun/jatuh.

Source from http://kesehatan.kompas.com/read/2010/01/20/16164290/8.Penyebab.Payudara.Kendur dan diubahsuai semula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s